1000 Anak Kampanyekan Pola Hidup Bersih dan Sehat yang Sederhana

Friday 21 March 2014

Jakarta, 22 Maret 2014 – Tingginya angka kesakitan pada anak masih didominasi oleh infeksi, seperti deman berdarah dengue, diare, dan cacingan, serta berbagai dampak berbahaya akibat buruknya sanitasi, tingginya kadar pencemaran air, dan rendahnya pengetahuan tentang perilaku bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai upaya untuk memotivasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, anak-anak dari 20 sekolah dasar dampingan Save the Children di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat yang sederhana melalui kegiatan bertajuk “Gerakan Serentak 1000 Anak Cuci Tangan Pakai Sabun dan Gosok Gigi Sehat Seribu Anak” yang dibuka oleh Walikota Jakarta Utara Bapak Heru Budi Hartono, SE, MM pada hari Sabtu (22/03) di SDN Marunda 02 Pagi.

 

“Salah satu penyebab kematian anak terbesar di Indonesia adalah diare, yang dapat dicegah dengan pola hidup yang bersih dan sehat seperti mencuci tangan pakai sabun dan gosok gigi. Gerakan ini merupakan pencegahan yang efektif karena kuman penyakit berpindah dari kotoran ke mulut melalui tangan,” ucap Walikota Jakarta Utara Bapak Heru Budi Hartono, SE, MM.

 

Riset Dasar Kesehatan tahun 2013 menunjukkan bahwa dari pemetaan penyakit menular yang mencolok adalah penurunan angka periode prevalensi diare dari 9,0 persen tahun 2007 menjadi 3,5 persen tahun 2013. Telah dibuktikan juga bahwa perilaku sehat dan bersih yang sederhana seperti rajin mencuci tangan dan gosok gigi dapat mencegah penyebaran penyakit kecacingan, serta mampu menurunkan kasus infeksi.

 

Didiek Eko Yuana, Program Coordinator dari Save the Children mengatakan, “Kegiatan ini kami rangkai sebagai gerakan edukasi, serta motivasi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan, kebersihan dengan memperkuat perilaku hidup bersih yang sederhana di lingkungan sekolah”.

 

“Saat ini Save the Children melalui pendekatan Sekolah Sehat dan Aman yang Komprehensif mendampingi 20 SDN/SDS/MI di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, dimana salah satu kegiatan utamanya adalah menekankan pada pentingnya membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah,” tambahnya.

Mengenai Save the Children

Save the Children merupakan gerakan global terdiri dari 30 organisasi anggota yang bekerja sama untuk membawa perubahan bagi anak-anak di 120 negara, termasuk Indonesia. Sebagai organisasi yang memperjuangkan hak anak, Save the Children memiliki berbagai program di bidang perlindungan anak, tata kelola hak anak, kesehatan dan nutrisi, HIV dan AIDS, pendidikan, air dan sanitasi, serta kesiapan menghadapi bencana. Save the Children telah bekerja di Indonesia selama lebih dari 35 tahun dan bermitra bersama anak, kelompok dan organisasi masyarakat, serta Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kehidupan anak-anak Indonesia dan keluarganya. Ini dilakukan melalui inovasi, advokasi, serta kemitraan untuk menjangkau lebih banyak anak serta dampak yang lebih luas.

 

Memasuki tahun ajaran 2013 – 2014, Save the Children mengimplementasikan sebuah proyek baru yang berfokus pada pendidikan, di Jakarta Utara dan Belu NTT, yaitu SETARA (Strengthening Education Through Awareness and Reading Achievement). SETARA menawarkan solusi bagi berbagai masalah yang berhubungan dengan Sekolah Dasar di wilayah Jakarta Utara; dengan mengimplementasikan pendekatan Literacy Boost (Percepatan Keaksaraan) dan Sekolah yang Sehat dan Aman secara Komprehensif; demikian juga dengan Kesiapan Sekolah yang lebih baik, melalui program-program yang berkontribusi pada kesehatan anak, keaksaraan awal, dan kesiapan sekolah, bagi anak-anak pra-sekolah usia 4 – 6 tahun, di Belu, NTT.

 

Keterangan selanjutnya mengenai Save the Children dapat dilihat di situs www.savethechildren.net.

 

Kontak Informasi:
Didiek Eko Yuwana

Project Manager SETARA Project– Save the Children

Tel: 0811 3827 893
Email: didiek.yuana@savethechildren.org

 

Patricia Norimarna

Communications & Advocacy Manager – Save the Children

Tel: 0812 1088 705

Email: patricia.norimarna@savethechildren.org